- Faskes (Fasilitas Kesehatan)
- Fasdik (Fasilitas Pendidikan)
- Pendamping
Tahapan untuk mengakses Aplikasi e-PKH bagi user (1)
Setelah kurang lebih dua minggu entri data disibukan dengan entri manual
sudah saatnya mengintegrasikan kemampuan ED dalam menggunakan Aplikasi e-PKH
yang sesungguhnya. maka saat ini kita bisa fokus dan teliti dalam pengentrian
secara Aplikasi, walaupun ketika pengentrian manual tidak disangkal Human
Error pastilah ada karena target deadline pusat
sangatlah tidak logis dengan kondisi dan problem yang berbeda-beda di tiap
daerah. karena itu pengentrian yang sesungguhnya adalah pengentrian secara
Aplikasi.
Untuk memulai penggunaan e-PKH maka jaringan Intranet UPPKH daerah harus
sudah terkoneksi dengan baik dengan server UPPKH Pusat agar user bisa mengakses
alamat web aplikasi dengan baik.
apabila perangkat PC maupun jaringan tersebut sudah siap digunakan maka ikuti
langkah-langkah selanjutnya.
1. nyalakan PC, dengan
menekan tombol Power di monitor dan CPU. tunggu beberapa saat sampai muncul
desktop OS Windows 7 (tergantung OS).
2. cek jaringan seperti
Modem ADSL, Switch, kabel UTP dll apakah sudah terhubung dan sudah dinyalakan
dengan baik.
3. cek apakah jaringan
intranet sudah berjalan baik di PC? (tanyakan ke TS).
4. jika sudah buka browser
Internet seperti Mozilla (rekomendasi), dengan mengklik icon di desktop atau
klik kiri logo windows di sudut kiri bawah->All Program-> Mozilla
Firefox.
5. masukan Alamat
"10.0.1.132" alternatif 2: "10.0.1.133" alternatif 3:
"10.0.1.134" untuk mengakses Aplikasi e-PKH.
6. jika halaman pertama
sudah terbuka lalu isikan User ID dan Password masing-masing
di kolom isi sebelah kanan bawah dan klik Login. jika ingin
mengingat User Id dan Password ceklist di area tersebut.
7. user akan melihat
tampilan utama tempat kerjaannya ED.
catatan: setiap OP dan ED mempunyai user ID dan Password masing-masing yang
diberikan oleh pusat.
Tahapan untuk mengakses Aplikasi e-PKH bagi user (2)
Jika sudah berada di halaman utama maka
itu merupakan halaman kerja user untuk semua pengentrian. kehati-hatian dalam
pengentrian Aplikasi sangat diutamakan karena menyangkut RTSM yang eligible
ataupun tidak eligible. konsentrasi sangat penting guna meminimalisir Human
Error dalam pengentrian mulai validasi, verifikasi, pemutakhiran
data dll karena semua dimulai dari halaman utama tersebut.
Apabila aplikasi sudah berjalan dengan
baik maka pengentrian sudah dapat digunakan. sebelum kita masuk ke sesi
validasi terlebih dahulu pastikan Master Data sudah diisi dengan lengkap dan
jelas agar memudahkan input master yang lain di halaman selanjutnya. untuk
memulai :
Gambar 2.1 |
1. masuk ke menu Master
Data -> Fasilitas Kesehatan, maka akan terbuka laman
tersebut.
2. pilih Tambah di
bawah laman. jika sudah tampil masukan data secara lengkap dan jelas di kolom
yang sudah disediakan sesuai dengan nama, jenis faskes dan data lainnya. lihat
gambar 2.1
3. jika data sudah lengkap
dan benar pilih Simpan, jika sudah tersimpan dan ingin ada perubahan
maka pilih KODE FASKES berupa kode penomoran otomatis di
halaman utama Daftar Fasilitas Kesehatan dalam tabel.
4. jika Faskes berada di
luar wilayah maka pilih Tambah LW
Gambar 2.2 |
1. masuk ke menu Master
Data -> Fasilitas Pendidikan, maka akan terbuka laman
tersebut.
2. pilih Tambah di
bawah laman. jika sudah tampil masukan data secara lengkap dan jelas di kolom
yang sudah disediakan sesuai dengan nama, jenis fasdik dan data lainnya. lihat
gambar 2.2
3. jika data sudah lengkap
dan benar pilih Simpan, jika sudah tersimpan dan ingin ada
perubahan maka pilih KODE FASDIK berupa kode penomoran
otomatis di halaman utama Daftar Fasilitas Pendidikan dalam tabel.
4. jika Fasdik berada di
luar wilayah maka pilih Tambah LW
1. masuk ke menu Master
Data -> Pendamping, maka akan terbuka laman tersebut.
2. pilih Tambah di
bawah laman. jika sudah tampil masukan data secara lengkap dan jelas di kolom
yang sudah disediakan sesuai dengan identitas pendamping dan data lainnya.
3. jika data sudah lengkap
dan benar pilih Simpan.
catatan: untuk menu Wilayah tidak usah ada perubahan karena sudah terdata
dari server Pusat
Tahapan untuk mengakses Aplikasi e-PKH bagi user (3)
Menginput Form Falidasi Peserta PKH
Gambar 3.1 |
Setelah user menginput
Master Data Faskes, Fasdik dan Pendamping,
tahap selanjutnya menginput form Falidasi peserta PKH. Caranya :
1.
masuk
ke menu Utilitas -> sub menu Validasi Calon Peserta. Pilih Nomor ART
di kolom tersedia lalu cari sesuai nomor barcode. Agar lebih cepat dan praktis dalam
pencarian Nomor Peserta PKH sebaiknya gunakan alat Barcode Scanner. Ada dua
cara dalam pencarian tersebut :
·
Cara
pertama klik di kolom Kata Kunci lalu
gunakan Barcode Scanner arahkan dan tembakan ke lembar Validasi di pojok kanan
atas maka secara otomatis akan menampilkan no barcode peserta PKH lalu pilih Tampilkan.
·
Cara
kedua dengan mengetik nomor barcode secara manual di kolom Kata Kunci lalu pilih Tampilkan.
2.
Pilih
no peserta sesuai dengan nomor Barcode atau nama pengurus peserta dengan meng-klik
nomor barcode.
3.
Maka
akan tampil halaman Formulir Validasi calon Peserta. isilah secara teliti, tepat dan hati-hati sesuai data form Validasi (hardcopy) yang diisi oleh pendamping.
4.
Jika
sudah pilih Simpan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar